Apakah Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda? Jika iya, Anda berada di halaman yang tepat. Kami akan share bagaimana social media marketing akan membantu bisnis Anda untuk berkembang.
Baca Juga: Pengertian Branding: Manfaat dan Cara Membangun Branding
Cepat atau lambat, bisnis Anda akan berada dalam situasi di mana penjualan sering menurun. Dan ketika situasi seperti itu terjadi, sebagian besar pemilik bisnis akan menjadi panik, bingung dan tidak tahu bagaimana cara untuk meningkatkan penjualan.
Tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan dengan cepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas 7 tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.
Table of Contents
Apa Itu Social Media Marketing?
Social media marketing secara sederhana dapat diartikan sebagai proses menarik perhatian orang melalui media sosial. Dengan menyajikan konten dan dilihat banyak orang maka engagement social media Anda pun meningkat.
Baca juga: Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis
Media sosial yang digunakan pun beragam, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan sebagainya. Namun, Anda juga bisa menggunakan semuanya untuk lebih memperluas jangkauan bisnis Anda.
Mengapa Social Media Marketing Penting?
Social media marketing merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu Anda meningkatkan penjualan. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens, merubahnya jadi prospek, dan mendorong pelanggan untuk membeli produk Anda.
Berikut ini beberapa manfaat dari social media marketing yang bisa Anda dapatkan:
- Memperluas jangkuan bisnis.
- Memudahkan Anda menentukan target pasar.
- Biaya yang sangat murah bahkan bisa gratis.
- Membangun kepercayaan konsumen.
- Jadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan.
Dengan menerapkan strategi social media marketing, akan membantu meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. Anda pun akan mendapatkan feedback dari para pelangan Anda sehingga bisa jadi acuan untuk strategi ke depan.
Cara Meningkatkan Penjualan dengan SMM
Berikut ini strategi social media marketing yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan Anda.
1. Riset Target Pasar
Penjualan yang sedikit tidak hanya disebabkan oleh kualitas produk Anda, tetapi juga kesalahan dalam menentukan siapa target pasar bisnis Anda.
Padahal menentukan target pasar yang tepat merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan yang penting. Sehingga, hal ini tidak bisa dilewatkan.
Riset ini dapat dimulai dari melihat demografi social media yang Anda gunakan saat ini. Cari tahu beberapa hal berikut ini:
- Jenis kelamin.
- Usia.
- Tempat Tinggal, dll.
2. Menentukan Social Media Utama
Setelah melakukan riset pada setiap media sosial yang sudah Anda gunakan, sekarang waktunya memilih mana media sosial yang tepat untuk bisnis Anda.
Dari sekian banyak media sosial yang ada, Anda perlu memilih satu yang menjadi prioritas utama. Tetapi Anda tetap menggunakan media sosial lainnya sebagai pendukung.
Sebagai gambaran, jika Anda menargetkan anak muda, bisa gunakan Instagram atau TikTok. Sebaiknya pilih media sosial yang menyediakan fitur toko online.
3. Meningkatkan Penjualan dengan Buat Konten
Konten untuk media sosial bisnis Anda tidak hanya sekadar foto produk saja. Followers Anda tidak akan betah untuk berlama-lama di akun Anda. Jadi, buatlah konten yang bermanfaat dan informatif.
Konten seperti ini akan lebih menarik perhatian dan akan menjangkau audiens yang lebih besar. Anda pun bisa sesekali membuat konten give away agar bisa menarik banyak audiens baru.
Berikut ini beberapa ide konten yang bisa Anda gunakan:
- Tips dan trik
- Trend terbaru
- Video unboxing produk
- Ucapan hari-hari penting
- Dan sebagainya
4. Meningkatkan Penjualan dengan Influencer
Social media influencer merupakan salah satu strategi promosi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness bisnis Anda.
Influencer merupakan orang-orang dengan jumlah followers yang banyak dan mampu memberikan influence (Pengaruh) kepada orang-orang yang mengikuti mereka.
Anda hanya perlu menemukan influencer yang tepat untuk mempromosikan produk Anda. Biaya yang diperlukan tergantung dengan jumlah followers dan engagement dari influencer itu sendiri.
5. Lakukan Live Shopping
Saat ini media sosial sudah menyediakan fitur untuk live. Anda bisa manfaatkan fitur ini untuk mulai promosi dan berjualan produk Anda.
Salah satu platform media sosial yang akan mempermudah Anda untuk live dan jualan adalah TikTok. Dengan cara ini Anda bisa lebih mudah memberikan review produk secara langsung.
Calon pembeli juga bisa dengan mudah untuk melakukan pembelian (Checkout) karena sudah ada fitur shop di TikTok, biasanya disebut keranjang kuning.
6. Menampilkan Testimoni
Meyakinkan calon pembeli adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Calon pembeli tidak ingin merasa rugi telah membeli produk yang tidak sesuai harapan mereka.
Mungkin Anda sendiri pernah atau bahkan sering ingin beli sesuatu tapi sebelum memutuskan untuk membeli, Anda cek terlebih dahulu terstimoni dari pelanggan lainnya.
Ya! Testimoni seampuh itu untuk membuat calon pembeli Anda percaya terhadap produk Anda. Jadi jangan ragu untuk posting testimoni pelanggan di media sosial Anda.
7. Gunakan Social Media Ads
Cara paling ampuh untuk meningkatkan penjualan produk Anda adalah dengan beriklan. Selain lebih cepat dan mudah untuk menjangkau audiens, biayanya pun terjangkau.
Contoh di Instagram, dengan modal Rp100.000 Anda sudah bisa memprosikan produk Anda ke ribuan orang dengan minat yang sesuai dengan produk Anda.
Namun, beriklan bisa dibilang 50-50 jika Anda tidak menguasainya. Jika Anda salah menargetkan audiens maka bisa saja Anda mengalami kerugian, begitupun sebaliknya.
Kesimpulan
Social media marketing dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang di era digital dengan biaya yang sangat terjangkau. Media sosial apapun yang Anda gunakan, akan memberikan hasil yang efektif jika dilakukan dengan tepat.