Syarat & Ketentuan

Terakhir Diperbarui: 31 Maret 2023

Pendahuluan

Kami adalah Komersial Lab (Seterusnya disebut Kami) adalah penyedia jasa layanan digital marketing yang berada di Kalimantan Timur, Indonesia. Kami mengoperasikan website komersial.id, serta produk dan layanan terkait lainnya yang merujuk atau tertaut ke syarat & ketentuan ini.

Syarat & ketentuan ini merupakan perjanjian yang mengikat secara hukum yang dibuat antara konsumen, baik secara pribadi, perusahaan, atau suatu entitas, dengan Komersial Lab, mengenai akses dan penggunaan layanan kami.

Persetujuan

Dengan mengakses dan menggunakan layanan kami, konsumen telah membaca, memahami, dan setuju untuk terikat oleh semua syarat & ketentuan dan kebijakan privasi Komersial Lab. Jika konsumen tidak setuju untuk terikat oleh syarat & ketentuan ini, maka konsumen dilarang untuk menggunakan layanan dan konsumen harus menghentikan penggunaan segera.

Komersial Lab memiliki kewenangan kapan saja dan secara sepihak untuk mengubah dan/atau memodifikasi seluruh atau sebagian isi halaman syarat & ketentuan ini dengan dan/atau tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu.

Dengan terus menggunakan layanan setelah perubahan, konsumen setuju untuk terikat dengan persyaratan yang diubah. Jika konsumen tidak setuju dengan perubahan tersebut, konsumen dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di 0857-5335-9908 dan/atau melalui email halo@komersial.id.

Layanan Kami

Semua layanan yang Komersial Lab sediakan merupakan produk digital (Tanpa bentuk fisik) yaitu sebagai berikut:

  • Website Development
  • Branding & Design
  • Social Media Marketing
  • Search Engine Optimization
  • Content Creation
  • Digital Advertising

Segala informasi yang diberikan saat menggunakan layanan di atas tidak dimaksudkan untuk digunakan oleh orang atau entitas mana pun. Informasi yang diberikan hanya digunakan untuk memproses pesanan konsumen (Klien) saja.

Konten & Hak Cipta

Komersial Lab akan menggunakan konten yang disediakan oleh konsumen untuk mempromosikan bisnis atau produk konsumen. Konsumen harus memastikan bahwa konten yang disediakan tidak melanggar hak cipta pihak lain. Kami memiliki hak untuk menghapus atau menolak konten yang melanggar hak cipta tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Kebijakan Pengguna

Dengan menggunakan layanan kami, konsumen menyatakan dan menjamin bahwa:

  1. Konsumen memiliki kapasitas hukum dan setuju untuk mematuhi seluruh syarat dan ketentuan yang tertera di halaman ini.
  2. Konsumen bukan anak di bawah umur berdasarkan aturan yang berlaku di Indonesia.
  3. Konsumen tidak mengakses layanan kami secara otomatis seperti bot, script, dll.
  4. Konsumen tidak akan menggunakan layanan kami untuk tujuan ilegal atau tidak sah.
  5. Menggunakan layanan kami untuk melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.

Pembayaran Layanan

Konsumen harus membayar biaya layanan Komersial Lab sesuai dengan biaya yang telah disepakati. Biaya ini bisa berupa biaya proyek atau biaya bulanan atau tahunan. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank dan virtual account (BRI, BNI, Mandiri, BSI, Permata) dan dompet digital OVO, DANA, dan QRIS.

Pelunasaan pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 3 hari setelah invoice (Faktur) kami keluarkan. Jika dalam waktu 3 hari konsumen belum melakukan pelunasan, invoice akan kadaluarsa dan klien perlu melakukan order baru.

Kebijakan Refund

Komersial Lab tidak bertanggung jawab untuk melakukan refund atau pengembalian dana apapun yang disebabkan oleh kelalaian konsumen, termasuk sebagai berikut:

  1. Pengerjaan pesanan layanan tidak sesuai dengan apa yang Komersial Lab tawarkan dikarenakan konsumen memberikan informasi palsu, salah, atau memberikan informasi penambahan fitur setelah melakukan pembayaran;
  2. Konsumen melakukan pembatalan pesanan secara sepihak saat pesanan sudah diterima dan dalam proses pengerjaan;
  3. Melakukan pembayaran terhadap layanan jasa selain melalui metode pembayaran yang Komersial Lab lampirkan pada invoice;
  4. Apabila konsumen melakukan pembayaran terhadap layanan jasa selain pada metode pembayaran yang kami berikan maka pembayaran dianggap tidak sah dan Komersial Lab tidak bertanggung jawab terhadap kelalaian tersebut;
  5. Projects tidak selesai atau tidak sesuai dikarenakan konsumen tidak ada kejelasan untuk kelanjutan projects dalam waktu maksimal 3 Minggu setelah hasil akhir kami berikan, maka projects kami anggap telah selesai;
  6. Apabila konsumen melakukan sebagaimana yang tertulis pada poin-poin di atas, maka Komersial Lab tidak tertanggung jawab terhadap pengembalian dana baik sebagian maupun keseluruhan dana yang telah dibayarkan oleh konsumen.

Pengembalian dana 100% (Sesuai biaya layanan) hanya berlaku jika Komersial Lab melakukan kelalaian dalam pengerjaan pesanan konsumen atau menolak untuk melanjutkan kerja sama dengan klien dikarenakan satu dan lain hal.

Penyelesaian Sengketa

Kedua belah pihak yang terlibat yaitu konsumen dan Komersial Lab telah menyetujui bahwa segala perselisihan yang terjadi akibat penggunaan layanan jasa terlebih dahulu diselesaikan secara musyawarah dan mufakat.

Apabila upaya penyelesaian sengketa secara musyawarah dan mufakat tidak menghasilkan penyelesaian, maka kedua belah pihak setuju untuk melakukan penyelesaian melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen.

Apabila penyelesaian perselisihan melalui dua tahapan sebelumnya masih belum membuahkan hasil, maka kedua belah pihak sepakat untuk melakukan penyelesaian perselisihan secara litigasi melalui Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Tanah Grogot.